cover
Contact Name
Putu Mega Putra
Contact Email
megabizland@gmail.com
Phone
+6285227679500
Journal Mail Official
info@paris.ipb-intl.ac.id
Editorial Address
Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional Jalan Kecak, No. 12, Gatot Subroto Timur Denpasar - Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
ISSN : -     EISSN : 28283325     DOI : https://doi.org/10.22334/paris
Core Subject : Economy, Social,
Paris memuat publikasi ilmiah di bidang pendidikan, pariwisata, bisnis dan kewirausahaan. dengan cakupan bidang sebagai berikut tetapi tidak hanya terbatas pada: 1. Pendidikan pariwisata, 2. Pengembangan kepariwisataan, 3. Pariwisata Berkelanjutan, 4. Pengentasan kemiskinan berbasis sumber daya lokal, 5. Pengelolaan wilayah pedesaan dan pesisir berkearifan lokal, 6. Pengembangan Ekonomi, Bisnis digital, Kewirausahaan, Koperasi, Industri Kreatif, dan UMKM, 7. Seni, sastra, dan budaya, serta integrasi nasional dan harmoni sosial dalam bidang pariwisata.
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis" : 22 Documents clear
Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Melalui Online Travel Agent Dewa Ayu Andriani; A.A.A Arun Suwi Arianty; I Gusti Ayu Eka Suwintari
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i9.525

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian melalui online travel agent di Hotel Prama Sanur Beach Bali. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan teknik yang diambil adalah sampel kuota. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner sebanyak 188 responden, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan teknik analisis, meliputi: uji validitas dan reliabilitas, analisis regresi linier berganda, analisi koefisien determinasi dan pengujian hipotesis melalui uji T dan uji F. Hasil penelitian dan pembahasan menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara promosi dan harga terhadap keputusan pembelian di Hotel Prama Sanur Beach Bali dengan nilai signifikan 0,05 (0,000 < 0,05). Promosi dan harga memiliki pengaruh sebesar 76,5% terhadap keputusan pembelian sisanya 23,5% dipengaruhi oleh variabel lain. This study aims to determine the effect of promotion and price on purchasing decisions through online travel agents at Hotel Prama Sanur Beach Bali. The sampling technique in this research used a purposive technique The sampling technique used is quota sampling. Data collection technique used in this research was a questionnaire of 188 respondents, interviews and documentation. In this study, research methods were used with analysis techniques, including: validity and reliability tests, linear regression analysis multiplex, analysis of the coefficient of determination and hypothesis testing via T test and test F. The results of the research and discussion conclude that there is a direct influence partial and significant relationship between promotion and price on purchasing decisions in Hotel Prama Sanur Beach Bali with a significant value of 0.05 (0.000 < 0.05). Promotion and price has an influence of 76.5% on the remaining purchasing decisions 23.5% is influenced by other variables.
Penerapan Cleanliness Health Safety Environmental Sustainability di Sektor Pariwisata I Gede Darmaya; Kadek Ayu Ekasani; Ni Luh Supartini
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i9.530

Abstract

The 101 Bali Fontana Seminyak merupakan salah satu tempat yang menyediakan akomodasi untuk berbagai kegiatan namun keberadaannya harus memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemakainya. Melalui protokol kesehatan Cleanliness, Health, Safety,& Environmental Sustainability sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam negeri dapat segera bangkit dan pulih, untuk itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mewajibkan semua industri pariwisata untuk menerapkan protokol Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainability. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan dan f aktor – faktor yang mempengaruhi penerapan Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainability. CHSE dalam teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif sehinggga diketahui nilai rata-rata penilaian tamu secara umum. Berdasarkan hasil penelitian terdapat nilai rata- rata penerapan sebesar 4,4 dengan kreteria penerapan Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainability dinyatakan sangat baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan Cleanliness, Health, Safety,& Environmental Sustainability yaitu pembiayaan peralatan protokol kesehatan, kurangnya pendapatan serta pihak hotel mengundang PMI dan Dinas Kesehatan Kabupaten Badung bergabung dalam mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan dan penerapan Cleanliness, Health, Safety , & Environmental Sustainability. The 101 Bali Fontana Seminyak is a place that provides accommodation for various activities but its existence must provide a sense of security and comfort for the wearer. Through the health protocol Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainability the tourism sector and the domestic creative economy can quickly rise and recover, for this reason the Ministry of Tourism and Creative Economy has made it mandatory for all tourism industries to implement the Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainability protocol. This study aims to find out how the implementation and f the factors that influence the implementation of Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainability. CHSE in data collection techniques uses interview, documentation and questionnaire methods. The data analysis technique used is descriptive statistics so that the average value of guest ratings in general is known. Based on the research results, there is an average implementation value of 4.4 with the criteria for implementing Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainability stated to be very good. Factors that influence the implementation of Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainability, namely financing for health protocol equipment, lack of income and the hotel inviting PMI and the Badung District Health Office to join in socializing the implementation of health protocols and implementing Cleanliness, Health, Safety, & Environmental Sustainability.
Studi Motivasi dan Kinerja Karyawan pada Masa Pandemi Covid-19 I Komang Angga Santika; Francisca Titing Koerniawaty; Utik Kuntariati
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i9.531

Abstract

Pandemi COVID-19 menjadi Fenomena buruk bagi pariwisata secara global yang menyebabkan sektor perhotelan khususnya di Bali melemah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keadaan motivasi kerja dan kinerja karyawan pada masa pandemi di Padma Resort Ubud. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan bersifat induktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi kerja karyawan Padma Resort Ubud sudah baik karena manajemen Padma Resort Ubud telah berupaya untuk tetap memberikan gaji UMR & service agar kinerja karyawan tetap produktif di masa pandemi COVID-19, meskipun beberapa karyawan mengeluhkan pekerjaan yang dilakukan tidak sesuai dengan bidangnya. COVID-19 pandemic has become a bad phenomenon for tourism globally which caused the hospitality sector, especially in Bali to weaken. The purpose of this study was to analyze the state of work motivation and employee performance during the pandemic at Padma Resort Ubud. Data collection techniques were carried out using observation, interviews and documentation. The data analysis technique used is inductive which consists of data reduction, data presentation, and conclusion drawing (verification). The results show that the work motivation of Padma Resort Ubud employees is good because the management of Padma Resort Ubud has tried to continue to provide minimum wages regional & service salaries so that employee performance remains productive during the COVID-19 pandemic, although some employees complain that the work they do is not in accordance with their fields.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramusaji dan Harga Makanan Terhadap Loyalitas Pelanggan I Wayan Sandi Artha Yudha; I Nyoman Sudiarta; Putu Eka Wirawan
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i9.532

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pramusaji dan harga makanan terhadap loyalitas pelanggan di Nyala Beach Club & Grill. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan di Nyala Beach Club & Grill. Metode penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode survey dengan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa pengaruh kualitas pelayanan pramusaji berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dan harga makanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Nyala Beach Club & Grill. This research was conducted to determine the effect of the quality of waiter service and food prices on customer loyalty at Nyala Beach Club & Grill. The population in this study were customers at Nyala Beach Club & Grill. The sampling method in this research used a saturated sampling technique. The sample in the study amounted to 30 people. The data collection method used was a survey method with a questionnaire. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. Based on the results of the analysis it was found that the influence of the quality of the waitress service had a positive and significant effect on customer loyalty and food prices had a positive and significant effect on customer loyalty at Nyala Beach Club & Grill.
Pengaruh Lokasi dan Pelayanan Terhadap Minat Tamu untuk Menginap Kembali I Wayan Windu Arnata; Deden Ismail; I Wayan Eka Sudarmawan
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i9.533

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lokasi dan pelayanan terhadap minat untuk tamu menginap kembali di Pondok Sebatu Villa Tegallalang. Responden dalam penelitian ini adalah tamu yang pernah menginap di Pondok Sebatu Villa Tegallalang. Penentuan sampel menggunakan metode quota sampling dengan jumlah sampel 40 responden. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2020 sampai Juni 2020. Hasil data diperoleh dengan menyebar kuesioner ke responden. Pengujian hipotesis penelitian mengunakan tehnik regresi linier berganda. Pengujian menunjukan bahwa secara parsial variabel Lokasi (X1) berpengaruh signifikan (p<0,05) terhadap Minat Tamu Untuk Menginap Kembali (Y) di Pondok Sebatu Villa Tegallalang, variabel Pelayanan (X2) secara parsial berpengaruh sangat signifikan (p<0,01) terhadap Minat Tamu untuk Menginap Kembali (Y) di Pondok Sebatu Villa Tegallalang. Secara simultan variabel Lokasi (X1 dan Pelayanan (X2) terhadap Minat Tamu untuk Menginap Kembali (Y) berpengaruh sangat signifikan (p<0,01). Disarankan manajemen menambah papan informasi lokasi villa, agar mudah diakses ke lokasi serta mempertahankan pelayanan dan fasilitas yang diberikan kepada tamu agar tamu selalu datang kembali untuk menginap kembali di Pondok Sebatu Tegallalang. This study aims to determine the effect of location and service on the interest of guests to stay again at Pondok Sebatu Villa Tegallalang. Respondents in this study were guests who had stayed at Pondok Sebatu Villa Tegallalang. Determination of the sample using the quota sampling method with a sample of 40 respondents. The study was conducted from May 2020 to June 2020. The data results were obtained by distributing questionnaires to respondents. Testing the research hypothesis using multiple linear regression techniques. The test shows that partially the Location variable (X1) has a significant effect (p<0.05) on Guest Interest to Stay Back (Y) at Pondok Sebatu Villa Tegallalang, the Service variable (X2) partially has a very significant effect (p<0.01 ) on Guest Interest to Stay Back (Y) at Pondok Sebatu Villa Tegallalang. Simultaneously, the Location variable (X1 and Service (X2) on Guest Interest to Stay Back (Y) has a very significant effect (p <0.01) It is recommended that management add a villa location information board, so that it is easily accessible to the location and maintains the services and facilities that are available. given to guests so that guests always come back to stay again at Pondok Sebatu Tegallalang.
Analisis Penjualan Megibung Dinner terhadap Total Profit di Jimbaran Garden Restaurant Intania Cahaya Sari; Nyoman Surya Wijaya; Putu Eka Wirawan
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i9.538

Abstract

Megibung merupakan tradisi yang dimiliki oleh warga Kabupaten Karangasem Bali. Megibung adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh banyak orang untuk duduk makan bersama dan saling berdiskusi dan berbagi pendapat. Jimbaran Garden\ Restaurant menggunakan konsep megibung sebagai salah satu menu direstoran tersebut bertujuan menarik minat konsumen dan diharapkan dapat membantu meningkatkan profit. Tujuan penelitian untuk mencari perbedaan penjualan Megibung Dinner, penjualan Jimbaran Garden Restaurant, total profit dari tahun 2017 sampai dengan 2019 dan mencari seberapa besar kontribusi yang diberikan oleh Megibung Dinner terhadap penjualan di Jimbaran Garden Restaurant. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan analisis Anova. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penjualan Megibung Dinner dari tahun 2017 sampai dengan 2019 tidak ada perbedaan yang nyata, penjualan Jimbaran Garden Restaurant dari tahun 2017 sampai dengan 2019 menyatakan ada perbedaan yang nyata, total profit dari tahun 2017 sampai dengan 2019 menyatakan bahwa tidak ada perbedaan yang nyata, kontribusi penjualan Megibung Dinner terhadap total penjualan di Jimbaran Garden Restaurant dari tahun 2017 sampai dengan 2019 menyatakan sebesar 18,8% dibandingkan dengan 25 menu lainnya. Diharapkan manajemen dapat meningkatkan kualitas makanan dan minuman yang akan disajikan dan merencanakan strategi selanjutnya untuk mempertahankan eksistensi dari Menu Megibung Dinner, dan menjadikan Megibung Dinner sebagai ciri khas dan suatu keunikan dari Jimbaran Garden Restaurant yang tidak dimiliki oleh restoran lainnya. Megibung is a tradition owned by residents of Karangasem Regency, Bali. Megibung is an activity carried out by many people to sit down to eat together and discuss and share opinions with each other. Jimbaran Garden Restaurant uses the megibung concept as one of the restaurant's menus to attract consumers and is expected to help increase profits. The purpose of this research is to find out the difference in sales of Megibung Dinner, sales of Jimbaran Garden Restaurant, total profit from 2017 to 2019 and find out how much contribution is given by Megibung Dinner to sales at Jimbaran Garden Restaurant. The type of data used is quantitative data. The research method used is descriptive statistics and Anova analysis. The results of this study state that sales of Megibung Dinner from 2017 to 2019 there is no significant difference, sales of Jimbaran Garden Restaurant from 2017 to 2019 state that there is a significant difference, total profit from 2017 to 2019 states that there is no significant difference. In fact, the contribution of Megibung Dinner sales to total sales at Jimbaran Garden Restaurant from 2017 to 2019 was 18.8% compared to the other 25 menus. It is hoped that the management can improve the quality of the food and drinks that will be served and plan further strategies to maintain the existence of the Megibung Dinner Menu, and make the Megibung Dinner a characteristic and uniqueness of Jimbaran Garden Restaurant that is not owned by other restaurants.
Pengaruh Pelayanan Pramusaji dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Ketut Arya Putra Wijaya Kepakisan; Francisca Titing Koerniawaty; Utik Kuntariati
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i9.539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan pramusaji dan kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian dan untuk mengetahui pengaruh pelayanan pramusaji dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian di Papila’s Coffee House Klungkung. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 50 orang dengan menggunakan metode pendekatan quota sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan analisis koefisien determinasi menggunakan SPSS version 23 For Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan pramusaji berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan secara simultan pelayanan pramusaji dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun besar pengaruh variabel pelayanan pramusaji dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian adalah 92,8% sedangkan sisanya 7,2% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Untuk meningkatkan kepuasan tamu di Papila’s Coffee House Klungkung, pihak manajemen kafe memberikan pramusaji pelatihan dengan materi yang bisa meningkatkan kualitas pelayanan pramusaji, pihak manajemen kafe mengontrol staf nya agar menerapkan sistem FIFO (first in first out) pada bahan dasar makanan di kafe, yang bertujuan untuk menjaga kesegaran makanan, selain itu pihak manajemen kafe maupun pramusaji yang bertugas memberikan pelayanan sesuai dengan SOP (standard operation procedure) yang sudah ditetapkan, cekatan dalam merespon keinginan tamu dan bersikap ramah terhadap tamu yang berkunjung Papila’s Coffee House Klungkung. This study aims to determine the effect of waitress service and product quality partially on purchasing decisions and to determine the effect of waitress service and product quality simultaneously on purchasing decisions at Papila's Coffee House Klungkung. The sample in this study amounted to 50 people using the quota sampling approach. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis, t test, F test and analysis of the coefficient of determination using SPSS version 23 For Windows. The results showed that waitress service had a positive and significant effect on purchasing decisions, product quality had a positive and significant effect on purchasing decisions, and simultaneously waitress service and product quality had a positive and significant effect on purchasing decisions. The large influence of the variable waiter service and product quality on purchasing decisions is 92.8% while the remaining 7.2% is influenced by other variables outside of this study. To increase guest satisfaction at Papila's Coffee House Klungkung, the cafe management provides training for waiters with materials that can improve the quality of waiter service, the cafe management controls its staff to apply the FIFO system (first in first out) on the basic ingredients of food in the cafe, which aims to maintain the freshness of the food, in addition to the cafe management and waiters who are in charge of providing services in accordance with the SOP (standard operation procedure) that have been set, are nimble in responding to guests' wishes and being friendly to guests who visit Papila's Coffee House Klungkung.
Pengaruh Prestasi Kerja dan Loyalitas Karyawan Terhadap Promosi Jabatan Staff F&B Departemen Ni Putu Eka Yuliantari; Nyoman Surya Wijaya; Utik Kuntariati
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i9.541

Abstract

Prestasi Kerja dan Loyalitas Karyawan merupakan faktor yang mempengaruhi Promosi Jabatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel Prestasi Kerja dan Loyalitas Karyawan terhadap Promosi Jabatan. Penelitian ini dilakukan di Harris Hotel & Residences Riverview Kuta, yaitu pada bulan Januari sampai dengan Mei 2021. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh Prestasi Kerja dan Loyalitas Karyawan terhadap Promosi Jabatan di Harris Hotel & Residences Riverview Kuta, dengan penyebaran kuesioner kepada 30 staff F&B Departemen sebagai sampel, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah teknik sampling jenuh. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan SPSS 25.0. Hasil penelitian ini menunjukkan Variabel Prestasi Kerja berpengaruh signifikan terhadap Promosi Jabatan. Variabel Loyalitas Karyawan berpengaruh signifikan terhadap Promosi Jabatan. Varibel Prestasi Kerja dan Loyalitas Karyawan bersama - sama berpengaruh secara signifikan terhadap Promosi Jabatan. Berdasarkan hasil analisis tersebut disarankan agar manajemen lebih memperhatikan Prestasi Kerja dan Loyalitas Karyawan. Work Performance and Employee Loyalty are factors that influence Promotion. The purpose of this study was to find out how much influence the variables of Job Performance and Employee Loyalty have on Promotion. This research was conducted at Harris Hotel & Residences Riverview Kuta, from January to May 2021. The data analysis method used in this study is multiple linear regression which is used to determine the effect of Job Performance and Employee Loyalty on Job Promotions at Harris Hotels & Residences Riverview Kuta, by distributing questionnaires to 30 F&B Department staff as samples, and the sampling technique used was saturated sampling technique. Testing the research hypothesis using SPSS 25.0. The results of this study indicate that the Job Performance Variable has a significant effect on Promotion. Employee Loyalty variable has a significant effect on promotion. The variables of Job Performance and Employee Loyalty together have a significant effect on Promotion. Based on the results of the analysis, it is suggested that management pay more attention to Work Performance and Employee Loyalty.
Dampak E-Commerce dalam Meningkatkan Penjualan Kamar Hotel Ni Wayan Dewi Anda Yani; Ni Wayan Rena Marian; I Made Hadi Purnantara
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i9.542

Abstract

Intercontinental Bali Resort merupakan salah hotel terkenal di daerah Jimbaran Bali. Hotel berbintang ini dilengkapi denga fasilitas hotel yang fantastis serta menjadikan Intercontinental Bali Resort sangat diminati oleh wisatawan. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui apakah E-Commerce memiliki dampak yang segnifikan terhadap tingkat penjualan kamar diIntercontinental Bali Resort. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang dilakukan dalam bentuk kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan e-commerce sangat efektif dalam meningkatkan penjualan kamar di Intercontinental Bali Resort dapat ditinjau bahwa strategi yang digunakan oleh Intercontinental Bali Resort dalam pemasaran e-commerce yaitu : membuat promosi harga untuk menarik pelanggan, menjaga agar Intercontinental Bali Resort selalu berada di lima laman depan website dan menentukan jumlah kamar yang akan dijual. Intercontinental Bali Resort is one of the famous hotels in the Jimbaran area of Bali. This five-star hotel is equipped with fantastic hotel facilities and makes the Intercontinental Bali Resort very attractive to tourists. The purpose of this study is to determine whether E-Commerce has a significant impact on the level of room sales at the Intercontinental Bali Resort. The method used in this research is interviews, and documentation. Data analysis techniques are carried out in qualitative form. The results of this study indicate that the application of e-commerce is very effective in increasing room sales at the Intercontinental Bali Resort. It can be seen that the strategies used by Intercontinental Bali Resort in ecommerce marketing are: making price promotions to attract customers, keeping Intercontinental Bali Resort always be on the front five pages of the website and determine the number of rooms to be sold.
Pengaruh Pelatihan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Villas Putu Agus Billy Erlangga Arizona; I Wayan Eka Sudarmawan; Putu Dian Yuliani Paramita
Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis
Publisher : Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22334/paris.v2i9.543

Abstract

Pesatnya perkembangan sumber daya manusia di bidang pariwisata, khususnya perhotelan dibutuhkan ketrampilan, pendidikan dan pengalaman untuk mengetahui kualitas sumber daya manusia. Saat ini terjadinya penerununan kualitas kinerja karyawan disebabkan oleh kurangnya pelatihan dan juga dukungan lingkungan kerja sehingga menyebabkan kualitas kerja menurun. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi : uji validitas dan reabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji F, uji T dan analisis koefisien determinasi. Hasil penelitian dan pembahasan menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pelatihan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, secara parsial sebesar 86% dan sisanya 14% adalah pengaruh lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan merujuk pada hasil penelitian ini maka pihak manajemen diharapkan konsisten untuk melakukan pelatihan dan penyediaan lingkungan kerja yang mendukung guna meningkatkan kinerja karyawan. The rapid development of human resources in the field of tourism, especially hospitality requires skills, education and experience to determine the quality of human resources. Currently, the decline in the quality of employee performance is caused by a lack of training and support from the work environment, causing the quality of work to decline. Data collection techniques used in this study were questionnaires, interviews, and documentation. The analytical techniques used in this study include: validity and reliability test, normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, multiple linear regression analysis, F test, T test and analysis of the coefficient of determination. The results of the research and discussion concluded that there was a significant positive effect between training and work environment on employee performance, partially 86% and the remaining 14% were other influences not examined in this study. By referring to the results of this study, the management is expected to be consistent in conducting training and providing a supportive work environment to improve employee performance.

Page 1 of 3 | Total Record : 22